Hosting Unlimited Indonesia

Program Bidik Misi 2016

01.33


Bagi kawan-kawan yang ingin berkuliah namun tidak ada biaya mungkin ini jadi alternatif kawan-kawan untuk meneruskan pendidikan kejenjang sarjana, bagi yang belum tau apa itu bidik misi dan apa persyaratannya, langsung saja simak  ulasan tentang bidik misi 2016.

Bidik Misi 2013 adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan untuk mahasiswa baru yang kurang mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik yang baik. Bidik Misi 2016 dimulai sebelum snmptn 2013. berikut ini informasi tentang bidikmisi 2016
Persyaratan Umum Beasiswa Bidik Misi :
  • Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2016.
  • Lulusan tahun 2014 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi.
  • Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun.
  • Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria : a). Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM); b). Pemegang Kartu Pengaman Sosial (KPS) atau sejenisnya ; c). Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) sebesar-besarnya Rp3.000.000,00 per-bulan. 
  • Pendapatan yang dimaksud meliputi seluruh penghasilan yang diperoleh. Untuk pekerjaan nonformal/informal pendapatan yang dimaksud adalah rata rata penghasilan per bulan dalam satu tahun terakhir; dan atau d). Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp750.000,00 setiap bulannya.
  •  Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4.
  • Berpotensi akademik baik berdasarkan rekomendasi kepala sekolah.
  • Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan: a). PTN dengan pilihan seleksi masuk: 1) Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN); 2) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN); 3) Seleksi mandiri di 1 (satu) PTN b). PTS dengan pilihan seleksi masuk di 1 (satu) PTS.
Untuk persyaratan harus memenuhi secara keseluruhan, selain itu ada beberapa Jalur masuk yang bisa diikuti melalui jalur bidik misi, anda bisa mendaftar melalui jalur SNMPTN atau SBMPTN untuk lebih jelas maka kita akan bahas satu persatu mengenai jalur beasiswa bidik misi yang bisa di ikuti simak selengkapnya dibawah ini mengenai,
Jalur masuk Beasiswa Bidik Misi :

1. Jalur Masuk Beasiswa Bidik Misi SNMPTN
Jika anda mendaftar anda bisa memilih jalur masuk SNMPTN bidik misi bedanya adalah anda mengusulkan pendaftaran melalui beasiswa bidik misi, untuk tes tetap sama seperti jalur pada umumnya tetapi ketika dinyatakan lulus anda resmi langsung mendapatkan beasiswa bidik misi yang di inginkan, untuk pendaftaran anda bisa mengakses informasi di situs resmi BidikMisi.Belmawa.Ristekdikti.go.idselanjutnya lanjutkan pendaftaran melalui situs resmi di snmptn.ac.id.

 
2. Jalur Masuk
Beasiswa Bidik Misi SBMPTN
Bagi pelajar yang tidak lulus seleksi pada beasiswa jalur sebelumnya bisa mendaftar melalui jalur berbeda seperti jalur SBMPTN, selain itu untuk yang tidak mendapatkan jalur undangan juga bisa mengikuti jalur beasiswa bidik misi di SBMPTN untuk seleksi sama seperti pada umumnya hanya saja jika dinyatakan lulus maka anda berhak menerima beasiswa bidik misi yang dimaksud. Untuk pendaftaran anda cukup mengakses situs resmi di BidikMisi.Belmawa.Ristekdikti.go.id kemudian lanjut pada sbmptn.or.id.


3. Jalur Masuk Mandiri Beasiswa Bidik Misi 

Untuk jalur ini biasanya ada beberapa kampus yang membuka secara resmi melalui Jalur Mandiri beasiswa Bidik Misi juga diberikan kepada calon mahasiswa baru yang ingin menimba ilmu di perguruan tinggi negeri tertentu, meski tidak semau PTN membuka Jalur Mandiri untuk Bidik Misi tetapi ada sebagian yang menyediakan jalur tersebut tinggal mana yang akan pilih sesuai dengan kemampuan dan kesempatan. Untuk proses pendaftaran silahkan kunjungi situs resmi PTN yang ada dan daftaran diri anda melalui situs resmi di BidikMisi.Belmawa.Ristekdikti.go.id.
Ketiga jalur masuk inilah yang akan mengantarkan anda menuju beasiswa bidik misi untuk jalur lain juga anda melalui jalur mandiri silahkan akses melalui situs PTN atau PTS yang anda minati, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa untuk mendapatkan beasiswa bidik misi terlebih dahulu tempat anda sekolah terdaftar beasiswa bidik misi.
Untuk lebih jelas kita akan mengurauikan mengenai jadwal penting pendaftaran Online beasiswa Bidik Misi dibawah ini simak selengkapnya mulai dari pendaftaran sekolah sampai dengan pendaftaran Online dari masing-masing jalur seleski berikut selengkapnya dibawah ini :

Jadwal Pendaftaran Bidikmisi Tahun 2016

# Nama Kegiatan Dibuka Ditutup
1 Pendaftaran Sekolah 01 Februari 2016 01 September 2016
2 Pendaftaran Siswa 01 Februari 2016 01 September 2016
3 SNMPTN 25 Februari 2016 11 Maret 2016
4 SBMPTN 22 April 2016 18 Mei 2016
Keterangan:
Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu
Seperti yang telah admin sebutkan diatas bahwa ada beberapa persyaratan khusus lainya yang harus digunakan untuk pendaftaran online beasiswa bidik misi, diantaranya seperti nilai raport dan beberapa nilai lainya untuk melengkapi pendaftaran untuk lebih jelas berikut informasi mengenai,
Persyaratan Khusus Beasiswa Bidik Misi :
  1. Kartu peserta dan formulir pendaftaran program Bidikmisi yang dicetak dari sistem Bidikmisi.
  2. Surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah.
  3. Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 6 (enam) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
  4. Fotokopi ijazah yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
  5. Fotokopi nilai ujian akhir nasional yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
  6. Surat keterangan tentang prestasi/peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di bidang ko-kurikuler dan ekstrakurikuler yang disahkan (legalisasi) oleh Kepala Sekolah.
  7. Kartu Pengaman Sosial (KPS/BSM). (jika merupakan penerima BSM) Surat Keterangan Penghasilan Orang tua/wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala desa/Kepala dusun/Instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat.
  8. Fotokopi Kartu Keluarga atau Surat Keterangan tentang susunan keluarga.
  9. Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan atau bukti pembayaran PBB (apabila mempunyai bukti pembayaran) dari orang tua/wali-nya.
Semua proses pendaftaran dapat dilakukan melalui situs resmi di bidikmisi.dikti.go.id kemudian lanjukan pendaftaran sesuai dengan jalur yang di inginkan jika SNMPTN maka pendaftaran dilaksanakan melalui situs jalur tersebut, jika melalui jalur masuk SBMPTN maka melalui jalur tersebut. Untuk metode seleksi sama seperti pada umunya menggunakan seleksi non tulis dan tertulis hanya saja untuk bidik misi ditambahkan tes wawancara untuk orang tua yang bersangkutan.
Agar beasiswa yang diterima tepat sasaran biasanya pihak kampus setelah lulus akan memverifikasi data yang ada dan mengkroscek ke tempat yang bersangkutan tim dari kampus akan meninjau tempat tinggal anda. Sisanya jika anda dinyatakan lulus harus melengkapi berkas atau registrasi ulang sesuai dengan kebijakan kampus tempat anda sekolah.
Untuk beasiswa bidik misi biasanya akan ditempatkan diasrama pada semester awal sampai beberapa semester, nantinya Mahasiswa penerima beasiswa bidik misi akan menerima uang beasiswa setiap akhir atau awal masuk pada setiap semester, yang harus menjadi catatan adalah mereka yang sudah menerima beasiswa bidik misi tidak boleh doble artinya hanya satu beasiswa saja jika tidak maka dipastikan anda akan kena sangsi berupa pengembalian beasiswa yang telah diberikan oleh pilhak kampus.
Bagi penerima beasiswa bidik misi ada batasan waktu yang telah ditetapkan lama studi maksimal 8 semester, besaran beasiswa yang diterima sesuai dengan fakultas pilihan anda, nantinya akan diberikan beberapa rincian seperti biaya tempat tinggal, biaya makan perbulan dan biaya persemester. Jika mahasiswa penerima beasiswa bidik misi tidak menyelesaikan kuliah sesuai masa studi yang telah ditetapkan maka, semester 9 anda harus membayar uang kuliah dan beberapa keperluan lain secara sendiri.
Lebih parahnya lagi anda terancam mengembalikan semua biaya yang telah diterima, selain itu jika anda dinyatakan DO atas semua kesalahan baik dari kesalahan akademik atau masalah kriminal lainya maka anda harus mengembalikan uang yang sudah diterima beserta denda dua kali lipat jika tidak anda akan ternacam humuman pidana.
Saran admin bagi yang lulus beasiswa bidik misi nanti belajarlah dengan serius dan jangan macam-macam kuliah dan berprestasi sebab untuk kuliah dan mendapatkan beasiswa itu tidak mudah, bagi yang masih berjuang untuk mendapatkan beasiswa bidik misi admin doakan lulus sesuai dengan harapan seperti bisa kuliah dikampus impian anda amin.
Demikianlah informasi mengenai pendaftaran Onlien Beasiswa Bidik Misi tahun ini semoga dapat memberikan manfaat dan dapat mempermudahkan anda dalam proses pendaftaran, jangan lupa untuk terus berusahan dan berdoa, karna barang siapa yang bersungguh-sungguh ia akan menemukan apa yang mereka inginkan, Tuhan tidak akan menzolimi hambanya, semua usaha akan diperhatikan dan diberikan jika tidak cobalah tahun berikutnya pantnag menyerah terima kasih sampai ketemu di kabar selanjutnya








» Thanks for reading: Program Bidik Misi 2016

1 Response to "Program Bidik Misi 2016"