Seperti yang kita lihat, saat ini persaingan di bisnis e-commerce Indonesia semakin sengit saja. Bebeberapa perusahaan e-commerce besar di Indonesia telah melakukan berbagai inovasi untuk meningkatkan performa bisnisnya.
Hal ini bisa kita lihat dari beberapa peningkatan layanan yang telah dilakukan perusahaan-perusahaan e-commerce di Indonesia untuk menjaring lebih banyak pelanggan ke bisnis mereka. Pada artikel sebelumnya, yaitu prediksi tren ecommerce di Indonesia tahun 2017 disebutkan bahwa para pemain besar di dunia e-commerce akan melakukan inovasi pada layanan mereka.
Senior Content Marketer iPrice Group, Andrew Prasatya, menyebutkan bahwa ada penyempurnaan penting pada data yang disajikan kali ini. Data ini didapatkan dari hasil rekapitulasi Quarter pertama (Q1) 2017, dari bulan Januari hingga Maret 2017.
Berikut ini adalah Peta E-commerce Indonesia V.2.0 yang ditemukan oleh iPrice:
1. Lazada Semakin Unggul dari TokopediaKeunggulan ini dilihat dari segi pengunjung perbulan kedua ecommerce tersebut. Tokopedia melakukan banyak upaya untuk mengejar ketertinggalanya dari Lazada dalam hal jumlah pengunjung per bulan.
Menurut data sebelumnya, disebutkan bahwa pengunjung Lazada adalah sebesar 49.000.000 per bulan. Sedangkan pengunjung Tokopedia adalah sebanyak 39.666.000 per bulan. Hanya terpaut selisih 300.000.
Dari data terbaru peta E-commerce Indonesia, terjadi peningkatan yang cukup signifikan pada pengunjung Lazada, yaitu menjadi 51.133.000 kunjungan per bulan. Sedangkan Tokopedia mendapatkan 46.533.000 pengunjung per bulan.
2. Blibli Mendominasi Media SosialDi Indonesia, media sosial yang paling banyak digunakan adalah Facebook dan Twitter. Dan Blibli berhasil merajai kedua media sosial tersebut.
Saat artikel ini dibuat, jumlah fans Blibli di Facebook adalah sebanyak 3.720.000. Jumlah ini terpaut cukup besar dengan jumlah fans Tokopedia yang berhasil menduduki posisi kedua, yaitu sebesar 1.100.000. Di Twitter, Blibli memiliki 418.000 followers. Jumlah ini lebih besar dari followers Tokopedia di Twitterm, yaitu sebesar 297.000.
3. E-Commerce Fashion Merajai InstagramSitus sosial media berbagi gambar dan video singkat, Instagram, ternyata menjadi media sosial yang merajai ceruk Fashion. Dari 10 e-commerce dengan jumlah followers terbanyak di Instagram, 50% nya adalah situs jual beli dengan jenis produk fashion.
Ada 5 e-commerce fashion yang memiliki banyak followers di Instagram, diantaranya Hijup (541.000 followers), 8wood (262.000 followers), Brodo (211.000 followers), Zalora (200.000 followers), dan Hijabenka (153.000 followers).
Karakteristik e-commerce yang mengedepankan aspek visual dari produk yang mereka pasarkan membuat media sosial Instagram menjadi pilihan yang tepat sebagai media pemasaran. Para pengguna Instagram dapat dengan mudah melihat produk-produk berkualitas dari e-commer produk fashion.
4. Alfacart Mengalahkan Matahari MallTernyata Alfacart mengalahkan Matahari Mall dari segi pengunjung perbulan. Kedua bisnis e-commerce ini awalnya adalah bisnis offline yang kemudian go online. Dalam Peta E-commerce Indonesia sebelumnya, pengunjung bulanan Mataharimall masih lebih banyak dibanding pengunjung Alfacart, yaitu 18.000.000 vs 16.000.000.
Data terbaru di Q1 tahun 2017 menunjukkan bahwa jumlah pengunjung bulanan Alfacart berhasil mengalahkan jumlah pengunjung bulanan Mataharimal. Selisihnya cukup besar, pengunjung bulanan Alfacart 17.000.000 vs pengunjung bulanan Mataharimall 7.500.000. Selain itu, pada bulan Maret 2017 lalu Alfacart juga telah bekerja sama dengan Unilever untuk memperkuat di sektor Groceries.
5. Bhinneka Raja E-Commerce Tipe TeknologiBhineka merupakan e-commerce yang fokus pada teknolgi dan gadgetery. E-commerce ini masih mendominasi semua parameter.
6. Zalora Mendominasi E-Commerce Tipe FashionAda 6 parameter yang ada di Peta E-commerce Indonesia. Dan Zalora berhasil menjadi juara pada 4 paramater, yaitu:
Pengunjung perbulang paling tinggi Jumlah app installs paling tinggi Jumlah pengikut Twitter paling tinggi Jumlah fans Facebook paling tinggi 7. Top 10 E-commerce Berdasarkan Pengunjung PerbulanNo | Monthly Visits |
1 | Lazada |
2 | Tokopedia |
3 | Elevenia |
4 | Bukalapak |
5 | Blibli |
6 | Alfacart |
7 | JD.ID |
8 | Mataharimall |
9 | Blanja |
10 | Bhinneka |
No | App Installs |
1 | Ali express |
2 | Lazada |
3 | Tokopedia |
4 | Zalora |
5 | Bukalapak |
6 | Alfacart |
7 | Mataharimall |
8 | Qoo10 |
9 | Blibli |
10 | Elevenia |
No | |
1 | Blibli |
2 | Lazada |
3 | Bukalapak |
4 | Bukupedia |
5 | Elevenia |
6 | Tokopedia |
7 | Mataharimall |
8 | Bhinneka |
9 | Zalora |
10 | Hijup |
No | |
1 | Hijup |
2 | Lazada |
3 | 8wood |
4 | Mothercare |
5 | Mataharimall |
6 | Tokopedia |
7 | Brodo |
8 | Zalora |
9 | Bukalapak |
10 | Hijabenka |
No | |
1 | Lazada |
2 | Zalora |
3 | Blibli |
4 | Tokopedia |
5 | Bukalapak |
6 | Mataharimall |
7 | Brodo |
8 | Elevenia |
9 | Bhinneka |
10 | Alfacart |
No | Employees |
1 | Mapemall |
2 | Lazada |
3 | Tokopedia |
4 | Bhinneka |
5 | Bukalapak |
6 | Mataharimall |
7 | Blibli |
8 | Zalora |
9 | Alfacart |
10 | Elevenia |
Sumber Data -> Peta E-Commerce Indonesia
0 Response to "Data Terbaru Peta E-Commerce Indonesia Menurut iPrice, Siapa Terbaik Saat Ini?"
Posting Komentar